+1 vote
by

Sakit punggung merupakan keluhan penyakit tulang yang dialami oleh memadai banyak orang. Namun, jikalau nyeri dialami cuma di tidak benar satu sisi, apabila sakit punggung sebelah kanan, maka Anda perlu waspada. Terlebih jikalau keluhan sakit punggung sebelah kanan nampak dengan keluhan lain yang mengganggu. Sakit punggung sebelah kanan atau kiri bisa disebabkan oleh sebagian hal. Salah satu penyebab nyeri punggung sebelah kanan atau kiri yang paling kerap terjadi adalah cedera otot atau ligamen yang menyokong tulang belakang. Cedera ini mampu terjadi akibat terjatuh atau kerap mengangkat benda yang benar-benar berat. Selain cedera, timbulnya rasa sakit terhadap keliru satu sisi punggung termasuk mampu disebabkan oleh lebih dari satu hal lain, sekiranya gangguan saraf dan tulang belakang, radang sendi tulang belakang, atau gangguan terhadap ginjal.
Gejala Sakit Punggung Sebelah Kanan atau Kiri yang Perlu Diwaspadai

Sakit Punggung Sebelah Kanan atau Kiri yang Perlu Diwaspadai


Sakit punggung sebelah kanan atau pun kiri kudu diwaspadai terkecuali muncul bersamaan bersama sebagian gejala selanjutnya ini:

1. Nyeri menjalar ke bagian tubuh lain


Jika rasa nyeri menyebar hingga ke tempat paha, lutut, dan kaki keadaan ini kemungkinan disebabkan oleh saraf terjepit (HNP) atau skiatika. Selain menjalar ke anggota gerak tubuh anggota bawah, nyeri punggung akibat saraf terjepit juga bisa menjalar ke dada dan lengan.

2. Mati rasa


Jika nyeri punggung nampak sejalan bersama tanda-tanda kesemutan atau mati rasa pada lengan, tangan, paha, atau kaki, maka suasana ini kudu langsung diperiksakan ke dokter. Keluhan tersebut mampu menjadi disebabkan oleh kelainan atau masalah saraf yang berat terhadap tulang belakang, layaknya HNP, penyempitan rongga tulang belakang, saraf terjepit, dan juga tumor pada saraf atau rongga tulang belakang.

3. Nyeri selagi buang air kecil


Nyeri punggung sebelah kanan atau kiri yang menyebabkan nyeri selagi membuang air kecil mampu menjadi tandanya ada batu ginjal. Apabila tanda-tanda berikut nampak beserta gejala lain, layaknya demam, pipis berdarah, dan susah menghindar buang air kecil, mampu jadi perihal selanjutnya merupakan gejala infeksi pada saluran kemih dan anggota di sekitarnya, bila infeksi ginjal, infeksi panggul, atau infeksi kandung kemih.

4. Sulit bergerak


Jika sakit punggung muncul beserta kelemahan atau kelumpuhan terhadap tidak benar satu kaki atau keduanya, bahkan sampai membawa dampak Anda menjadi sulit bangkit berasal dari kursi atau area tidur, maka ini dapat menjadi merupakan gejala dari sindrom cauda equina. Selain nyeri punggung dan kelemahan pada kaki, sindrom cauda equina termasuk sanggup menimbulkan tanda-tanda kesemutan atau mati rasa di punggung yang menjalar hingga ke kaki, susah mengontrol buang air kecil atau besar, hingga ada masalah ereksi. Sindrom cauda equina merupakan kelainan langka yang disebabkan oleh adanya rusaknya terhadap kumpulan saraf tulang belakang. Penyakit ini sanggup disebabkan oleh saraf terjepit, cedera, infeksi, sampai tumor terhadap tulang belakang.

5. Nyeri pas membungkuk


Bila sakit punggung sebelah kanan atau kiri merasa makin nyeri sementara batuk atau membungkuk, sanggup menjadi keluhan ini disebabkan oleh spasme otot tulang belakang, cedera pada otot atau sendi tulang belakang, saraf terjepit, atau radang sendi tulang belakang.

6. Nyeri perut


Jangan abaikan jikalau sakit punggung sebelah kanan atau kiri terasa menjalar sampai ke perut. Apalagi jikalau hingga sebabkan mual muntah dan nyeri tambah berat dikala perut ditekan. Keluhan ini merupakan gejala berasal dari radang usus buntu yang perlu segera diperiksakan ke dokter. Jika sudah parah, radang usus buntu sanggup membuat usus buntu pecah dan membawa dampak peritonitis. Jika tidak langsung ditangani oleh dokter, suasana ini sanggup mengancam nyawa.

Penanganan Sakit Punggung Sebelah Kanan


- Sakit punggung sebelah kiri atau kanan yang disebabkan oleh ketegangan otot atau cedera gampang sanggup diatasi bersama cara-cara alami, seperti:
- Memberi kompres hangat pada punggung atau mandi air hangat.
- Menggunakan koyo, balsam, atau obat antinyeri, layaknya paracetamol, untuk meredakan nyeri.
- Lakukan stretching atau peregangan punggung, seperti yoga khusus untuk nyeri punggung.
- Perbaiki postur tubuh, menghindari rutinitas membungkuk dan biasakan untuk duduk dan berdiri tegap.
- Memperbanyak istirahat dan jauhi mengangkat beban yang berat.

Apabila gejala sakit punggung sebelah kanan tidak kunjung hilang, jadi berat, atau disertai dengan beberapa tanda-tanda lain yang disebutkan di atas, maka Anda sebaiknya memeriksakan keluhan tersebut ke dokter. Untuk menentukan penyebab nyeri punggung sebelah kanan yang Anda keluhkan, dokter dapat melaksanakan kontrol fisik dan penunjang, seperti Roentgen, CT-scan, atau MRI tulang belakang. Setelah penyebabnya diketahui, dokter bisa laksanakan beberapa penanganan medis untuk mengatasi sakit punggung yang Anda rasakan, seperti:

Fisioterapi


Fisioterapi dapat dijalankan untuk meredakan gejala sakit tulang belakang yang disebabkan oleh cedera, saraf terjepit, mixiley.com atau kelainan pada tulang belakang. Jenis-jenis fisioterapi yang sanggup dijalankan ada banyak, terasa berasal dari terapi listrik, terapi panas, pemakaian korset khusus, pijatan, hingga senam atau gerakan tertentu.

Meresepkan obat-obatan


Apabila nyeri yang dirasakan lumayan berat, dokter mampu meresepkan OAINS atau obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen, kalium diklofenak, dan meloxicam, untuk meredakan nyeri. Jika nyeri punggung disebabkan oleh spasme atau ketegangan otot yang berat, dokter mampu mengimbuhkan obat pelemas otot. Untuk meredakan nyeri punggung yang disebabkan oleh kelainan saraf, dokter mampu meresepkan obat-obatan antikejang dan antidepresan.

Operasi


Langkah operasi umumnya kudu dikerjakan seumpama metode penanganan lain tidak berhasil menangani nyeri punggung. Namun, tak sekedar gara-gara alasan tersebut, sakit punggung sebelah kanan juga kemungkinan dapat wajib ditangani dengan operasi sekiranya disebabkan oleh cedera berat pada saraf atau tulang belakang, tumor tulang belakang, atau batu ginjal yang berukuran besar.

Nyeri punggung kebanyakan bisa mereda sendiri dengan perawatan di rumah. Namun, keluhan ini tetap tidak boleh disepelekan. Jika Anda mengalami sakit punggung sebelah kanan atau kiri yang tidak kunjung mereda, keluar beserta keluhan lain, atau makin parah, segeralah periksakan ke dokter.
...