0 votes
by
Hantu Indonesia memang sering menjadi penuturan renyah di sedang penduduk di belahan bumi mana pun. Uniknya, Indonesia terhitung punya beragam jenis makhluk halus—yang biasa disebut hantu—mulai pocong, genderuwo, kuntilanak, sampai wewe gombel. Bahkan, lebih dari satu hantu indonesia sifatnya "endemik" dari Indonesia. Hantu-hantu indonesia endemik ini lantas sering menghiasi layar lebar, jadi tokoh utama di dalam film bergenre horor di Tanah Air. Penasaran gak sih serupa histori munculnya hantu-hantu yang hit di kalangan penduduk Nusantara? Yuk liat dari mana asalnya mereka.

1. Pocong gentayangan minta tolong dibukakan talinya.


Sejarah Munculnya 10 Hantu di Indonesia Ini Bikin Kamu Bergidik Ngeri
Hantu pocong sesungguhnya terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan, hantu indonesia ini dapat dibilang hantu paling seram yang ditakuti orang. Ada banyak versi soal berasal dari mana hantu pocong ini keluar pertama kali. Namun, mayoritas penduduk percaya, pocong gentayangan berasal dari orang yang telah meninggal, tetapi lupa dibuka tali pocongnya sementara hendak dikubur. Versi lain menyebut, tersedia makhluk tak kasat mata mirip siluman atau jin yang menjelma menjadi sesosok pocong. Pocong disebut-sebut termasuk senang bertandang di pohon pisang. Percaya atau tidak, legenda ini telah menjadi buah bibir masyarakat sejak jaman lampau.

2. Kuntilanak: Hantu perempuan yang merindukan seorang anak.


Sejarah Munculnya 10 Hantu di Indonesia Ini Bikin Kamu Bergidik Ngeri
perempuan, suka mengambil alih anak kecil atau mengganggu wanita yang baru saja melahirkan. Benar saja, kuntilanak menurut sebagian sumber awalannya sebenarnya sosok perempuan yang hamil dan meninggal pas melahirkan. Kuntilanak menjadi arwah gentayangan yang penasaran mencari-cari di mana anaknya. Menurut legenda, kunti—sebutan untuk kuntilanak—merindukan Kedatangan seorang anak. Hantu menyeramkan ini sering diasosiasikan bersama pohon yang rindang, seperti beringin.

3. Genderuwo menyedot hal-hal baik.


Sejarah Munculnya 10 Hantu di Indonesia Ini Bikin Kamu Bergidik Ngeri
Genderuwo mempunyai makna asli berasal dari bahasa Kawi, yaitu "gandharwa". Mitos mengenai hantu indonesia yang sering dipahami penduduk berjenis kelamin laki-laki ini asalnya ternyata berasal dari legenda kuno Persia. Si siluman air yang dinamakan gandharwa ini dipercaya selamanya menyedot hal-hal baik, tinggal di kayangan, dan berupa siluman air. Dalam keyakinan masyarakat Jawa, gandharwa kerap mampir sore menjelang petang, memiliki tubuh yang tinggi besar, dan suka kepada perempuan.

4. Tuyul yang menyusahkan dan senang mencuri uang.


Sejarah Munculnya 10 Hantu di Indonesia Ini Bikin Kamu Bergidik Ngeri
Si mungil tuyul sesungguhnya hantu menyeramkan yang diakui benar-benar merepotkan. Sebab, dia puas mencuri uang. Dalam mitologi Nusantara, tuyul ini menyerupai manusia dengan badan yang benar-benar pendek. Setan ini dipercaya berasal dari orang yang keguguran. Menurut lebih dari satu sumber, bayi orang lampau yang keguguran itu menjadi tuyul. Namun, lain halnya dengan keyakinan samawi, mereka menyebut tuyul merupakan sebangsa jin yang sudah ada sejak era lalu. Tuyul, didalam kepercayaan orang Jawa, dipercaya dipelihara oleh manusia untuk melancarkan pesugihan.

5. Sundel bolong punggungnya penuh belatung.


Sejarah Munculnya 10 Hantu di Indonesia Ini Bikin Kamu Bergidik Ngeri
Banyak yang mengatakan sundel bolong ini serupa kuntilanak. Memang, sundel bolong menyerupai kuntilanak bersama penggambaran hantu perempuan, memakai pakaian putih dan berambut panjang. Hanya, punggung sundel bolong ini disebut-sebut berlubang dan di dalamnya memuat penuh belatung. Organ dalam tubuhnya terhitung terlihat. Rupanya, sundel bolong merupakan mitos hantu berasal dari Negeri Jiran Malaysia yang dibawa masuk ke Indonesia oleh imigran. Cerita ini lantas berkembang hingga sekarang.
...